Jumat, 04 Agustus 2017

Oli

Seminggu lalu Oli, kucing baru di rumahku sakit. Baru beberapa hari di rumah Oli udah kena diare dan radang tenggorokan karena diduga kuat dia jilat kapur barus yang aku taroh deket kandangnya. Oli jadi ngga mau makan padahal aku udah coba kasih macem-macem jenis cat food for kitten dari yang basah sampe kering, terus fesesnya berupa cairan, dan dia keliatan lemes karena jadi sering banget tidur. Sedih karena biasanya dia heboh banget, terus tiba-tiba murung. Sebagai ibu baru aku belum paham do and dont dalam memelihara kucing. Abis itu Oli dibawa ke vet atau animal doctor sama mahasiswa ayah yang kasih Oli ke kita. Engga tau gimana obatinnya, tapi kayaknya Oli disuntik di bagian leher dan tinggal sementara di tempat mahasiswa ayah karena biar istirahat.

Setelah beberapa hari Oli recovery, dia dibawa balik lagi ke rumah dalam keadaan heboh dan aktif lagi. Everything is fine sampai beberapa hari kemudian feses Oli cair lagi dan dia selalu garuk-garuk telinganya berlebihan sampe bulu di sekitar pelipis dan telinganya rontok. Kebetulan itu hari Sabtu, weekend kan jadi aku beranggapan bahwa animal hospital pasti tutup. Setelah cari info dari internet dan temen tentang klinik hewan di Jogja yang buka 7/7 dan 24 hours akhirnya nemu di daerah Condong Catur, namanya Klinik Hewan Jogja. Kebetulan agak jauh dari rumah, jadi mulai menimbang ulang. Tapi demi Oli yaudah lah ya...

Klinik hewan ini mayan lengkap sih, kayak rumah sakit manusia, cuma ngga ada BPJS nya. Ada UGD, pet nya bisa rawat inap, konsultasi dokter, dan lain-lain. Waktu itu aku dateng siang, dan langsung daftar. Setelah nunggu giliran periksa, akhirnya Oli dipanggil dan suruh nimbang. Beratnya cuma 0,55 kayak nimbang kapas -_- Jadi Oli emang kurus banget karena ngga doyan makan sehari sebelumnya, dia gamau minum juga. Setelah periksa sama dokternya, Oli emang sakit. Jadi setelah cek lab ada banyak bakteri di saluran pencernaannya, which makes feses Oli jadi cair dan kemungkinan karena diare kemarin yang belum sembuh betul. Mungkin perutnya ngga enak, makannya dia gamau banyak makan. Daaaan telinga Oli berkutu, makanya dia sering garukin telinganya kenceng banget. Sama vet nya dibersihin, dikasih cairan, dan dikasih obat tetes biar kutunya mati. Ada juga jamur di sekitar badannya yang bisa diilangin kalo Oli grooming, cuma he still too tiny and fragile takut malah sakit kalo mandi.

Setelah itu Oli boleh balik sih, cuma harus minum anti biotik buat nyembuhin saluran pencernaannya dan dikasih obat cacing sama vitamin. Anti biotik Oli bentuknya kapsul, awalnya bingung bisa ngga ya Oli nelen kapsul, keselak ngga ya, muntah ngga ya, taunya Oli pinter jadi dia bisa nelen kapsulnya 2 kali sehari, pagi sore. Ayah sih yang minumin, jadi mulut Oli dibuka lebar-lebar terus kapsulnya ditaruh di pangkal lidahnya abis itu Oli reflek nelen. Setelah itu bagian leher bawahnya agar diurut-urut biar kapsulnya ga mandeg di tenggorokan. Yang obat cacing sama vitamin bentuknya cairan, jadi bisa pake pipet yang bentuknya kayak injeksi cuma ga pake jarum. Oli harus minum obat selama 5 hari, setelah itu balik lagi buat check up. Kalo biaya sih relatif, kek periksa ke dokter manusia. Cuma kata temen, kalo di RSH punya UGM apa ya, itu gratis.

Kemarin, aku sama ayah anter balik Oli ke Klinik Hewan Jogja buat check up. Berat badannya naik 0,25, jadi 0,80. Jadi emang setelah minum obat itu, napsu makan Oli naik banget. Dia bisa makan berkali-kali dan fesesnya mulai berbentuk. Perut sama lengennya udah mulai berisi. Gemes. Cuma ya itu, jamur di kulitnya belum bisa ilang karena belum boleh grooming. Jadi bulunya agak lumayan rontok dan botak kayak kucing abis cakar-cakaran. Ditambah udah dua hari ini Oli jadi bersin-bersin, ngga tau karena dingin atau dia alergi.

Pas periksa kata dokternya buat ilangin jamur di kulit Oli sebaiknya pake alkohol 70% yang digosokin ke kulit yang ada jamurnya pake kapas. Kalo pake baby oil atau zaitun, kata dokternya bikin bulunya jadi lembab. Kalo buat bersin-bersin, Oli dikasih obat kapsul lagi namanya anti histamin. Kayaknya itu obat alergi. Minumnya sehari sekali aja. Oli masih 3 bulan umurnya, sebenernya ngga baik kalo anak bayi minum obat terlalu sering tapi mau gimana abis daripada sakit. And now he gets better walaupun masih suka bersin-bersin.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar