Minggu, 23 Oktober 2016

Doing Art


Oh hay, folks! Hari ini Didi si teman artsyku workshop-ing aku dan Adul tentang cara bikin shibori indigo dye ala-ala 'do it yourself'. Awalnya cuma Adul aja yang pengen gara-gara beberapa hari lalu Didi upload foto kain jumputan 'do it yourself' nya dia di instagram. Setelah liat dan kepo kayaknya keliatan menarik, jadilah aku yang selo ini ikutan tertarik bikin-bikin. Dan weekend ini kita berkumpul di rumahku dan bikin shibori bersama-sama. Benar-benar kegiatan artsy. Well if you dont know, shibori itu semacam teknik jumputan atau tie dye ala Jepang yang bikin pola warna dan bentuk di kain dengan cara twisting, wrapping, stiching, binding, and such lalu dicelup ke pewarna kain which yang kita pakai adalah pewarna indigo.

Tadinya aku merasa kain jumputan adalah hal yang sangat old-fashion dan tidak menarik. Patternnya membosankan dan sepertinya cara bikinnya sangat effortless. Tapi setelah membuat sendiri hari ini, ternyata aku salah. Ternyata menyenangkan dan penuh dengan kejutan. Ngga bakalan tau jadinya kayak gimana, gagal atau engga sampe akhirnya kain itu dibuka. Terima kasih pinterest yang sudah sangat memberi inspirasi. 

Aku sama Adul nurut aja sama Didi karena kita posisinya sebagai murid. Beli dulu pewarna indigo dan larutan tekstil yang bikin warnanya timbul (aku lupa, hcl dan apa ya...) di daerah Pasar Ngasem. Di tempat itu isinya memang hal-hal yang semacam membatik dan mewarnai kain. Lumayan lengkap dan harganya ngga terlalu mahal tapi ya ngga murah juga sih, atau karena kita ngga tau lagi mau beli dimana sebagai pembanding harga. Setelah itu baru beli kain di daerah Plengkung Gading. Toko kain lawas anti mainstream langganan Adul yang isinya kain-kain artsy. Lol. Aku pake kain blacu, Didi kain kanvas yang seratnya lebih bagus, dan Adul semacam kain bahan katun warna putih. Kita pake kain yang beda-beda karena pengen tau gimana bentuk motifnya kalo diaplikasiin pake kain yang bentuknya beda-beda.




Okay, setelah terbeli semuanya kita mulai melipat, menjahit, mengikat, dan mengaretin kain-kain tadi. Aku milih melipat dan menjait kainnya biar lebih kenceng, setelah itu dipress pake stick es krim yang dikaretin ujung-ujungnya. Kalo Adul kainnya digulung pake bambu, terus ditali-tali pake benang kenur dan dikencengin lagi pake karet biar motifnya garis-garis. Didi as our mentor, pake media kaos yang dikaretin dan kain yang dilipet-lipet sampe kecil terus dipress pake stick es krim. And also my mum, yang iseng pengen ikutan pake cara ala jumputan. It takes an hour cuma buat ngiketin kain-kain tadi. 







Pertama kain tadi direndem di dalem air dingin (yang seharusnya sampe kainnya bener-bener meresap dan basah sampe ke dalem-dalemnya) yang gunanya agar kainnya bisa kena pewarna sampe ke dalem-dalem karena itu kan dilipet dan tebel. Abis itu dicelup ke pewarna indigo yang udah dilarutin di air dan ke larutan tekstil tadi. Celupnya harus berkali-kali dan lama biar warnanya bisa keliatan pekat banget. Lumayan lama juga nyelupnya, karena antara yakin ngga yakin bakalan jadi atau enggak. Setelah kira-kira sejam kurang baru kain itu dicuci pake air bersih, abis itu iketannya dilepasin satu-satu. Dan, voila! Ini sebenarnya masih gagal. Karena warna birunya ngga nyerap sampe dalem, dan bentuk patternnya ngga terlalu jelas.






1 komentar: