Senin, 08 Juni 2015

Menantang Diri Sendiri : Pergi Ke Jakarta

Jadi ini adalah hari ke 10 ku di Jakarta. Kesan selama 10 hari di Jakarta adalah, panas dan gerah. Keterlaluan panasnya. Tiap keluar rumah fenomena rutin yang terjadi adalah kemacetan. Iya macet parah setiap hari, pagi siang sore dan malam. Gila banget. Orang ngabisin waktu cuma buat di jalan aja. Berangkat pagi pulang malem, dan itu bener-bener ngga kerasa. Jakarta. Jauh dan dekatnya jarak dari satu tempat ke tempat lain di sini bisa ditentuin lewat skala hitung waktu maupun jarak itu sendiri. Dibilang jauh ya enggak tapi bisa sampe berjam-jam. Kenapa gitu? Ya macet. Jarak menjadi hal yang relatif.
Menurutku orang-orang disini juga psikologinya agak terguncang. Mereka adalah insan yang high temper. Marah-marah mulu hobinya, klakson klakson, ngomel dan umpatan adalah menjadi kebiasaan. Mereka juga hidup individual, maksudnya susah banget bersikap baik dan ramah disini. Yang ada malah jadi sasaran orang-orang yang memiliki kepentingan negatif. Kalo kata sepupuku "Cewek di Jakarta wajib jutek." Iya ada benernya juga.
Suka agak serem kalo diboncengin naik motor di sini. Kaki kanan dan kiri sering banget keserempet, atau ga sengaja kesenggol. Kesenggol aspal, kesenggol tiang, kesenggol ban truck, kesenggol mobil orang, dan kesenggol kesenggol ekstrim yang lainnya. Jarak antara dua mobil yang sekiranya pas buat dilewatin motor walaupun mepet adalah mengerikan. Tapi beneran, kalo ngga kayak gitu ya kita ngga bisa ngejar waktu. Sungguh. Sangat. Menakjubkan.
Mall di Jakarta udah kayak Indomaret di Jogja. Kayaknya tiap kelurahan di sini pasti ada mall nya. Mall. Lurus dikit mall. Muter jalan mall. Jalan dikit kanan mall kiri mall. Mall. Orang-orang di Jakarta gaya hidupnya agak berlebihan. Jarang liat orang yang dandannya biasa aja. Baik yang level hi maupun low. Semuanya total dengan caranya mereka masing-masing. Hari-hari pertama sempet ikut hanyut pada hempasan gaya hidup konsumeris karena yang tidak ada di Jogja dan ada di Jakarta itu banyak. Aku merasa mentalku kurang kuat.
Jujur, aku melonggo pas liat bangunan-bangunan pencakar langit di Jakarta. Serius. Bisa gitu ya. Banyak lagi. Hahahaha. Masyaallah. Gapapa kan pengalaman pertama.
Kesimpulan menantang diri sendiri di Jakarta kali ini membuatku terpikir untuk tidak hidup di sana. Soalnya hidup cuma sekali.

1 komentar:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Aku paling malas kalau harus kesana, macetnya itu loh -__-
    Heran juga orang sanggup hidup di kota seperti itu, mungkin aku yang udah terbiasa di lingkungan ASRI sih ya.
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    BalasHapus